TEORI EKONOMI MANAJERIAL
TEORI EKONOMI MANAJERIAL
Ekonomi manajerial
adalah pengetahuan
yang menunjukkan adanya aplikasi teori ekonomi dan analisis pengetahuan
pengambilan keputusan yang menelaah bagaimana organisasi dapat mencapai tujuan
secara efisien.
Ekonomi manajerial (managerial
economics) yaitu aplikasi (penerapan) teori ekonomi dan perangkat analisis
ilmu keputusan untuk membahas bagaimana suatu organisasi dapat
mencapai tujuan atau maksudnya dengan cara yang paling efisien.
Pusat perhatian
ekonomi manajerial adalah konsep keuntungan, dimana keuntungan merupakan
selisih penerimaan perusahaan total dengan biaya total. Ekonomi manajerial
banyak menggunakan model dengan tujuan untuk pendidikan, penjelasan, dan
prediksi. Simbol yang digunakan dalam model dapat berupa variabel, grafik, dan
matematik. Analisis present value dilakukan dengan mendiskontokan aliran kas
masa sekarang dengan tujuan untuk pengambilan keputusan. Tingkat diskonto yang
cocok adalah opportunity interest rate yang merupakan tingkat penerimaan/hasil
yang paling baik dengan tingkat resiko yang sama. Analisis expected value
bertujuan untuk mengikhtisarkan distribusi probabilitas hasil secara tunggal
yang kemudian dibandingkan dengan nilai harapan (expected value) dari keputusan
alternatif yang lain. Expected value dari keputusan merupakan rata-rata
tertimbang dari hasil-hasil yang mungkin, dimana bobot dari setiap hasil adalah
probabilitas masa lalu dari terjadinya hasil tersebut. Analisis EPV
mensyaratkan pendiskontoan EV keuntungan untuk masa datang ke masa sekarang
sebelum diagrepasikan untuk memperoleh EPV untuk setiap keputusan alternatif.
Apabila perencanaan
perusahaan demikian pendek sehingga time horizon perusahaan berada pada periode
sekarang, perusahaan akan memaksimumkan keuntungan pada periode sekarang
apabila perusahaan memperoleh informasi secara penuh. Apabila perusahaan tidak
memperoleh informasi secara penuh maka kondisi yang dihadapi adalah situasi
yang tidak pasti sehingga perusahaan berusaha untuk memaksimumkan expected
value pada saat sekarang. Sedangkan, apabila perencanaan perusahaan lebih
panjang sehingga time horizon perusahaan berada pada periode masa yang akan
datang maka perusahaan akan memaksimumkan present value aliran kasnya, apabila
perusahaan beroperasi dalam kondisi pasti (certainty), atau memaksimum expected
value keuntungannya apabila perusahaan beroperasi dalam kondisi tidak pasti
(uncertainty).
Berikut beberapa pengertian menurut para ahli
mengenai ekonomi manajerial:
·
Mc Connel (1993) memberi pengertian ekonomi manajerial sebagai
berikut:
Ekonomi manajerial adalah alat analisis yang sangat
berguna bagi manajer dalam pengambilan keputusan bisnis. Sesuai dengan namanya,
ekonomi manajerial merupakan hibrid dari ilmu ekonomi dan ilmu manajemen. Ilmu
ekonomi adalah studi tentang perilaku manusia dalam memproduksi, mendistribusi
dan mengkonsumsi barang dan jasa. Sedangkan sumber daya yang tersedia untuk
mewujudkannya.
·
Ket (2000) memberi pengertian ekonomi manajerial sebagai
berikut:
Ilmu manajemen dapat diartikan sebagai ilmu dan seni tentang
bagaimana mengorganisasikan dan mengalokasikan sumber daya perusahaan yang
terbatas untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Dengan
demikian ekonomi manajerial adalah aplikasi dari analisis ekonomi dalam
membuat keputusan bisnis agar sumber daya perusahaan yang terbatas dialokasikan
pada penggunaannya yang paling baik.
·
Evan J. Douglas (1995) memberi pengertian ekonomi manajerial
sebagai berikut:
Ekonomi manajerial adalah cabang ilmu pengetahuan yang berkaitan
dengan penerapan prinsip-prinsip metodologi ekonomi dalam proses
pengambilan keputusan perusahaan atau organisasi.
·
Dominic Salvatore (1996)memberi pengertian ekonomi manajerial
sebagai berikut:
Ekonomi
manajerial adalah pengetahuan yang menunjukkan adanya aplikasi teori
ekonomi dan analisis pengetahuan pengambilan keputusan yang menelaah
bagaimana organisasi dapat mencapai tujuan secara efisien.
Ekonomi Manajerial dan Teori Ekonomi
Dalam teori ekonomi terdapat dua macam teori :
1. Mikroekonomi
Mikroekonomi ialah
ilmu yang mempelajari tingkah laku ekonomis secara individual sebagai unit
pengambil keputusan.
Seperti :
-
konsumen individu
-
pemilik sumber daya
-
perusahaan bisnis didalam sistem perdagangan bebas.
2. Makroekonomi
Makroekonomi
sebaliknya yaitu ilmu yang membahas output, konsumsi, pekerjaan, investasi, dan
harga secara keseluruhan (agregat) di perekonomian.
Ekonomi Manajerial dan
Pengambilan Keputusan
Teori ekonomi
memprediksi dan menjelaskan prilaku ekonomi yang menjadi faktor penentu yang
paling penting atas pengambilan keputusan. Prinsip-prinsip ekonomi
manajerial pengambilan keputusan oleh manajer yang berkaitan dengan
mengalokasikan sumber-sumber daya yang langka secara efesien, antara lain:
-
Man
-
Money
-
Material
-
Methode
Ekonomi manajerial
merujuk pada aplikasi teori ekonomi dan perangkat ilmu keputusan untuk menemukan solusi
optimal dalam berbagai masalah kaputusan manajerial. Ilmu Keputusan :
-
Matematika ekonomi
-
Ekonometri (Statistika)
Ekonomi
Manajerial dan Ilmu Keputusan
Ilmu keputusan terdiri
dari perangkat matematika ekonomi dan ekonometri (statistika)
untuk membentuk dan mengestimasi model keputusan yang ditujukan untuk
menentukan prilaku optimum perusahaan yaitu mencapai tujuannya dengan cara
yang paling efisien. Matematika ekonomi juga dapat digunakan untuk
memformulakan (menggambarkan dalam bentuk persamaan) model ekonomi yang
dipostulatkan dalam teori ekonomi. Dan Ekonometri kemudian menerapkan
peralatan ststistik (terutama analisis regresi) pada data dunia nyata untuk mengestimasi
model yang dipostulatkan oleh teori ekonomi dan digunakan untuk
peramalan (forecasting).
Tugas utama manajer :
-
Membuat keputusan yang mampu meningkatkan performasi organisasi
(bisnis).
-
Mengambil keputusan agar tujuan organisasi (perusahaan, bisnis)
tercapai.
Perusahaan adalah
organisasi yang dijalankan untuk merubah input menjadi output yang berupa
barang dan jasa yang dapat diperjualbelikan.
Tujuan perusahaan
:
Hubungan antara masalah dan keputusan bisnis
Pengambilan keputusan dengan melibatkan ekonomi manajerial
Proses yang terkait
dengan semua pengambilan keputusan manajerial yaitu :
·
Menetapkan tujuan perusahaan atau organisasi.
·
Mendefinisikan masalah yang dihadapi untuk mencapai tujuan
tersebut.
·
Mengidentifikasi berbagai solusi-solusi.
·
Memilih solusi terbaik dari berbagai solusi yang tersedia.
·
Megimplementasikan keputusan tersebut.
Kerangka
Kerja Internasional Ekonomi Manajerial
Menjadi global telah
menjadi strategi persaingan yang penting. Banyak perusahaan-perusahaan internasional
yang membeli input dari luar negeri dan kemudian menjual produknya ke
luar negeri, dan bahkan mendirikan pabrik di banyak negara. Sehingga
perusahaan domestik menghadapi persaingan yang semakin besar dari
perusahaan luar negeri. Perusahaan global harus menjaga keseimbangan
antara fungsi sebagai suatu organisme global sambil menyesuaikan produknya
dengan selera konsumen lokal (pasar lokal). Para pemimpin perusahaan saat ini
harus memiliki keahlian selain keahlian dasar tradisional yaitu di bidang
akuntansi, pemasaran, dan keuangan. Para eksekutif bisnis global dituntut
untuk bisa menjadi seorang visioner bukan hanya sebagai manajer semata,
oleh karena itu ia harus memiliki beberapa hal berikut :
·
Mempunyai pandangan
yang global, mengerti tentang sistem informasi dan teknologi.
·
Dapat mempergunakan kesempatan dalam perbedaan dan ahli dalam
kerja tim, kreatif dan menunjukkan inisiatif, mampu memilah-milah berbagai
pola dan kesempatan dalam kekacauan dan mempunyai kemampuan untuk
menyatukan informasi ketimbang menganalisis saja.
·
Yang paling penting dia harus mempunyai keahlian yang tinggi
dalam berhubungan dengan orang lain dan mampu berkomunikasi secara
efektif.
·
Mempunyai kemampuan untuk mengkombinasikan berbagai keahlian
yang berlainan untuk memecahkan masalah.
·
Harus dapat mengkombinasikan kerja keras dan pemahaman yang
mendalam mengenai bisnis yang digelutinya dengan kemampuan memberi
semangat kepada orang lain untuk bekerja keras agar visi atau tujuan
tersebut menjadi kenyataan. Mempunyai pemahaman yang mendalam terhadap
masalah-masalah global dan berbagai aspek etika dalam keputusan bisnisnya.
Perusahaan yang ingin
menjadi perusahaan global membutuhkan manajer yang jenius, produk yang
inovatif, kekuatan keuangan (modal), jangkauan global dan ketaatan
kapada pemegang saham.
Ekonomi
Manajerial dan Internet
Internet merupakan
tempat yang bagus untuk memulai mencari informasi tentang ekonomi
majanerial. Sebagai contoh, anda dapat menemukan informasi tentang ekonomi
makro dalam hal inflasi, pertumbuhan, dan pengangguran, juga
informasi tentang ekonomi mikro tentang sektor tertentu, industri, dan
perusahaan. Seluruh dunia secara cepat akan menjadi kesatuan jalur
informasi supercepat (information super highway) lewat internet. Ini berarti
individu, peneliti, perusahaan, dan konsumen dapat berhubungan dengan
perpustakaan, sumber data, serta informasi pemasaran dan mendapatkan
informasi yang luas yang tidak pernah merka dapatkan sebelumnya
hanya dengan seujung jari mereka. Melalui internet perusahaan juga dapat
memasarkan produk yang diproduksi yang dikenal dengan e-commerce.
Ekonomi manajerial dan
ruang lingkupnya
Ekonomi manajerial
adalah penerapan teori ekonomi dan perangkat analisis ilmu keputusan untuk
membahas bagimana cara suatu organisasi dapat mencapai target dengan cara yang
efektif dan efesien.
Atau definisi ekonomi
manejerial yaitu suatu pengetahuan yang menunjukan adanya penerapan teori-teori
ekonomi dan analisis pengetahuan dalam mengambil suatu keputusan yang
mengidentifikasi bagaimana cara organisasi dapat mencapai tujuannya secara
lebih efesien.
Inilah ruang lingkup ekonomi
manajerial :
Ekonomi manajerial
adalah suatu penerapan ilmu yang menggabungkan antara ilmu ekonomi dan
pengambilan keputusan.
1.
Terkaitan Dengan Teori Ekonomi
Keputusan dari manajemen dapat menerapkan ilmu ekonomi dan
perangkat ilmu terapan. Ekonomi mikro mempelajari mengenai tingkah laku ilmu
ekonomi secara individual sebagai unit pengambilan suatu keputusan dalam sistem
perdagangan bebas. Dan ekonomi makro melihatnya secara agregat, yaitu seperti:
output, pendapatan, investasi, keseluruhan harga atau harga total.
Teori ekonomi berguna untuk memprediksi serta menerangkan
tingkah laku ekonomi. Teori ekonomi umumnya dimulai dengan suatu model, model
merupakan suatu abstraksi dari banyak hal yang meliputi dari suatu kejadian dan
berusaha untuk mengidentifikasi dari beberapa banyak faktor dari suatu
kejadian.
2.
Terkaitan Dengan Ilmu Keputusan
Ilmu keputusan mempergunakan perangkat matematika ekonomi dan
juga ekonometrik guna untuk membentuk serta mengestimasi model yang ditujukan
untuk perilaku optimal suatu perusahaan. Matematika ekonomi ini dipakai untuk
memformulasi model ekonomi yang dipostulatkan oleh teori ekonomi ekonometrik
yang menerapkan peralatan statistik pada perangkat dunia nyata untuk
mengestimasi model yang dipostulatkan oleh teori ekonomi yaitu untuk peramalan.
3.
Keterkaitan dengan berbagai fungsional ilmu administrasi bisnis
Hubungan antara ekonomi manajerial dengan area fungsional
ilmu administrasi bisnis menjadi latar belakang dalam pengambilan
keputusan. Area fungsi administrasi tersebut diantaranya meliputi: akuntansi,
keuangan, pemasaran, manajemen SDM (Sumber Daya Manusia) dan produksi.
Jadi ekonomi manajerial adalah sebagai pelajaran yang
menggabungkan antara teori ekonomi, ilmu pengambilan keputusan, dan juga area
fungsionl ilmu administrasi Bisnis, yang membahas bagaimana hal itu saling
berinteraksi antara satu sama lain pada organisasi atau perusahaan untuk
mencapai target atau tujuan perusahaan dengan cara yang lebih efisien.
Sifat ekonomi
manajerial
Ekonomi
manajerial disebut juga dengan ekonomi mikro terapan, yang dimana penerapan
metode dalam proses pengambilan keputusan manjerial. Ekonomi manajerial dapat
mengembangkan prinsip ilmu yang tujuannya untuk meningkatkan keefektifan saat
mengambil keputusan.
Setiap manajer
pastinya akan mendapat masalah manajerial dalam bisnisnya. Permasalahan yang
timbul saat kesenjangan antara kondisi di lapangan dengan apa yang diharapkan
oleh seorang manajer, masalah tersebut beberapanya seperti:
- masalah dalam menentukan tingkatan harga maupun
keluaran produk.
- masalah dalam memilih tekhnik industri dan teknologi.
- masalah dalam tingkat persediaan.
- masalah dalam memilih media promosi atau media periklanan.
- masalah pendanaan.
- masalah pelatihan tenaga kerja.
Ekonomi manajerial
dapat membantu para manajer dalam mempengaruhi kinerja dan perilaku manajerial
ekonomi. Manajerial memanfaatkan beberapa analisis misalnya seperti: Metode
kuantitif, statis atau ekonometri dan konsep manajemen yang strategis dan
analisis keuangan.
Ekonomi manajerial
dapat menggabungkan antara ilmu ekonomi dan pengambilan keputusan:
- Ilmu ekonomi yang diantaranya meliputi: ekonomi mikro
dan makro.
- Ilmu keputusan yang diantaranya meliputi: matematika
ekonomi dan ekonometri.
Refrensi : supawi-pawenang.blogspot.com
Universitas : UNIBA
0 komentar :
Post a Comment